PONOROGO,RPN – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar mengadakan sosialisasi izin usaha perikanan bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) di Kabupaten Ponorogo yang merupakan salah satu wilayah kerja Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar.

Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Rabu (25/09), yang diikuti oleh 50 pelaku usaha pengolah dan pemasar di Kabupaten Ponorogo. Sosialisasi izin usaha perikanan tersebut dihadiri oleh Aida Fitriana M, S.Pi selaku Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ponorogo, Ir. Sutjipto Hariono, MT dan Angga Bahtera Siswanto, S.Pi dari Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Kepala Bidang Pelayanan Dinas Penanaman Modal  Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM  PTSP) Kabupaten Ponorogo, dan Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo.

Acara diawali dengan pemaparan mengenai Kebijakan Dinas Pertanian dan Perikanan dalam Kegiatan Pengolahan dan Pemasaran Ikan di Kabupaten Ponorogo.Angga Bahtera S, S.Pi selaku Kepala Seksi Verifikasi Perizinan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar menyampaikan materi mengenai kewajiban kepemilikan Surat Izin Usaha Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (SIUP2HP). berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 67 Tahun 2018 tentang Usaha Pengolahan Ikan. SIUP2HP wajib dimiliki setiap pelaku usaha pengolahan dan pemasaran hasil perikanan skala menengah dan besar, sedangkan untuk pelaku usaha skala mikro dan kecil wajib memiliki TDU-PHP oleh Kab/Kota setempat.

Sosialisasi kali ini juga menjelaskan mengenai Izin Usaha Perikanan Melalui OSS (Online Single Submission). Kepala Bidang Pelayanan DPM-PTSP Kabupaten Ponorogo Mahmudah Reni D, ST menjelaskan bahwa website OSS merupakan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau online yang diterbitkan oleh lembaga OSS yaitu UPT P2T Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga :  Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Desa Platar Serahkan Sembako Kepada Warga Yang Isolasi Mandiri

Proses pendaftaran hanya diawali dengan memasukkan NIK dan email pelaku usaha. Selain perihal perizinan, pada pertemuan kali ini juga terdapat pemaparan tentang informasi sentra industri Kabupaten Ponorogo terutama industri olahan hasil perikanan oleh Hari Setio Wahyono, ST selaku Kepala UPTD Sentra Produksi Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan pelaku usaha pengolahan dan pemasaran ikan skala kecil dan menengah mengerti dan memahami tentang persyaratan pembuatan SIUP maupun TDU-PHP serta segera mendaftarkan usahanya ke DPM-PTSP setempat. Kegiatan ini juga bertujuan membangun kerja sama antara Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ponorogo dengan Seksi Verifikasi Perizinan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar dalam fasilitasi surat izin usaha perikanan pengolahan dan pemasaran hasil perikanan di Kabupaten Ponorogo. (Cabdin DKP Kab Blitar/Rb)

 58 total views,  2 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of