Jakarta,RPN – Sebanyak 711 anggota Majelis Permusyarawatan Rakyat (MPR) periode 2019-2024, yang terdiri dari 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), sudah resmi dilantik pada Selasa (1/10/2019) pagi.

Acara pelantikan di Gedung Kura Kura, kompleks parlemen, Senayan ini disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pascapelantikan, pimpinan DPR, DPD, dan sekaligus MPR berganti wajah.

Sementara itu, komposisi pimpinan DPR dan DPD sudah diketahui secara luas. Namun, tidak demikian dengan pimpinan MPR. Di DPR, lima pimpinan yang baru adalah Puan Maharani (PDIP), Aziz Syamsuddin (Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Rahmat Gobel (Demokrat), dan Muhaimin Iskandar (PKB).

Nama-nama yang diumumkan oleh pimpinan sementara rapat paripurna itu kemudian disetujui oleh seluruh anggota DPR RI yang hadir. Para anggota DPR RI juga bertepuk tangan sebagai ungkapan persetujuan.

Pengambilan sumpah jabatan tersebut dilakukan setelah sebelumnya nama-nama pimpinan DPR RI periode 2019-2024 disebutkan oleh pimpinan sementara sidang paripurna yakni Anggota tertua Abdul Wahab Dalimunthe (Fraksi Partai Demokrat) dan Hillarry Brigitta Lasut (Fraksi Partai Nasdem Setelah itu, Abdul Wahab mengatakan, bahwa pimpinan DPR RI periode 2019-2024 akan dilakukan pengambilan sumpah dan janji yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung.(jn/rd)

 6 total views,  1 views today

Baca Juga :  Mendikbud Minta Program Pengenalan Lingkungan Sekolah Kuatkan Pendidikan Karakter

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of