Episode: 02

Saumlaki. Radar Post Nasional. Telah melegenda, mengingatkan menceritakan dari suatu sudut pandang Jejak-nya Sejarah Leluhur di Kepulauan Tanimbar – Saumlaki – Maluku.

Tepat-nya persis di pulau Yamdena bagian Selatan, tepat di ‘desa Sangliat Dol’ atau sering di namai desa ‘Salingliat Tangga’ karena desa tersebut terletaknya di atas bukit bila jalan melalui pantai bagian timur desa tersebut, maka kita harus lebih daulu melalui sebuah jalan yang ber-tangga batu bersusun rapi dan penuh indah yang mengantarkan kita pada sebuah halaman luas di depannya persis ada sebuah monumen perau batu yang terbuat dari bebatuan yang tersusun rapi “” Hingga kini”” nan indah sekali, sehingga begitu pemotretan terlihat adanya sekumpulan wanita-wanita sedang menari berdendang ria meria memuji menghormati dalam acara yang mereka puja.

Dalamnya sebuah dokumentasi sejarah dari sebuah pemotretan yang masih di kenangkan hingga kini, terlihat begitu indah adanya wanita-wanita disertai beberapa pria yang dengan berbusana adat tenunan khas Tanimbar, adanya dengan tarian menari tarian Toreaa dengan memuji-muji dan atau yang perlu mendapatkan penghormatan khusus.

Dengan adanya di setiap acara-acara-nya hari besar atau acara penjemputan kedatangannya tamu-tamu istimewanya masyarakat desa Sangliat Dol, terasa dengan senang hati, riang gembira menjemput para rombongan tamu-tamu yang terhormat dengan menari dengan tarian-tarian yang penuh meriah, juga di selingi dengan beberapa tarian-tarian tua yang di dendangkan adalah; Tarian Elmun, Tarian Slar Ngongoi, Tarian Toreaa & Tarian Tnabar Hila’a.
Hingga sampai kini sejarah kepulauan Tanimbar melukiskan, Tarian Toreaa,, Tarian Dodobul & Tarian Tnabar Hila’a, masih di lestarikan hingga pada anak cucu sekarang. Red. Bomaris.

 54 total views,  1 views today

Baca Juga :  LSI Denny JA: Perindo 3,18 Persen dan Berpeluang Masuk PT

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of